21 Cara Mengatur Keuangan Untuk Anak Muda Dan Rumah Tangga

Written by Tono on June 12, 2020 in Uncategorized with no comments.

Misal, untuk biaya pendidikan anak nanti atau untuk membeli rumah di kemudian hari. Agar tidak mengganggu kebutuhan dan prioritas bulananmu, tetapi masih bisa menabung untuk masa depan. Dampak Covid-19 terhadap perekonomian dan keuangan rumah tangga khususnya memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Untuk itu, penting bagi kita mengelola keuangan dengan baik agar keuangan kita tidak berantakan. Pandemi ini telah membuat pola hidup masyarakat menjadi berubah.

Langkah pertama untuk mengatur keuangan pribadi adalah dengan mencatat semua uang yang Anda miliki. Keuangan tidak akan bisa diatur dengan baik jika Anda tidak mencatatnya terlebih dahulu. Catatan ini akan menjadi langkah dasar Anda untuk mengatur keuangan secara konsisten. Dan agar keuangan pribadi menjadi lebih tertata dengan baik dan tidak berantakan.

Dengan mengetahui secara pasti bagaimana cara Anda memanfaatkan keuangan, Anda akan bisa memillah mana pengeluaran yang perlu dan yang tidak perlu Anda keluarkan. Dengan melakukan sistem otomatis ini, mau tidak mau Anda tidak akan dapat menggunakan uang yang telah dialokasikan untuk keperluan lainnya. Bila memang Anda terpaksa untuk melakukan penarikan dana talangan, gunakan hanya dari rekening tabungan Anda. Karena Anda tidak pernah tahu apa resiko yang akan terjadi dikemudian hari, dan akan sangat merugikan bila dana asuransi atau investasi Anda terusik. Dalam hal ini mungkin untuk biaya pendidikan anak di masa akan datang atau dalam waktu dekat.

Mngatur uang dengan baik

Namun pada intinya, Anda harus bijaksana dalam mengelola pendapatan agar tidak lebih besar pasak daripada tiang. Kalau kamu selalu merasa bahagia dan menikmati sekali momen saat mengelola keuangan dengan membagi uangmu secara proporsional untuk pengeluaran, tabungan, dan investasi, sudah pasti kamu adalah Amasser. Amasser adalah mereka yang sangat menyukai uang dan cenderung menyeimbangkan uang yang mereka miliki, baik untuk kebutuhan dan keinginan masa kini maupun masa depan. Meskipun cenderung memiliki obsesi terhadap uang yang terlalu tinggi kadang membuat tipe ini menjadi terlalu khawatir terhadap pengelolaan keuangannya.

Tandai setiap tanggal berapa saja harus membayar tagihan air atau listrik (maupun jadwal membeli pulsa pre-paid token PLN), membayar uang sekolah anak, tanggal tagihan kartu kredit , maupun tagihan lainnya. Biasakan untuk teratur melakukannya di awal bulan, setidaknya di tanggal 10 setiap bulan. Hal ini akan membantu Anda menjadi lebih teratur dan terhindar dari biaya denda. Banyak pasangan baru merasa bingung harus memulai pengaturan keuangan pasca menikah ini dari mana.

Comments are closed.