5 Manfaat Belajar Mandiri Di Rumah Untuk Anak Saat Sekolah Di Rumah

Written by Tono on April 21, 2020 in Uncategorized with no comments.

Hal ini dapat membuat seseorang bergantung pada orang lain untuk validasi dan persetujuan tetapi seringkali bahkan membantu kita menghindari akuntabilitas diri. Nah berbicara soal tanggung jawab dan keputusan, bisa jadi tugas pertama yang kamu ambil tanpa melibatkan orang tua. Meskipun masih tinggal dalam satu atap namun lebih baik kamu mengambil dalam keputusan sehingga memudahkan orang tua dan keluarga untuk bisa melakukan kegiatan lainnya tanpa harus memikirkan anaknya lagi. Salah satu kunci untuk menjadi pribadi yang mandiri adalah tidak bergantung pada orang lain. Ketika Anda memiliki pekerjaan dan penghasilan, gunakan secara bijak agar Anda memiliki simpanan sendiri untuk masa depan kelak. Dalam hal ini seharusnya sebagai orang tua, sebelum si anak melakukan sifat mandiri.

Mau dia lebih muda dari kamu ataupun lebih tua, setiap orang memiliki pengalaman hidup yang menarik untuk dipelajari. Mumpung masih muda, kamu bisa melakukantrial and erroruntuk menemukan pekerjaan yang paling kamu nikmati. Jika kamu gak bisa menikmati suatu pekerjaan, buatlah rencana untuk menemukan pekerjaan yang sesuai minatmu. Menjadikan seseorang sebagai teladanmu itu bagus untuk menginspirasimu.

Cara untuk menjadi mandiri

Ada perbedaan yang cukup besar antara membuat balita mandiri dan mengajari mereka melakukan aktivitas tertentu sendiri. Namun begitu anak Anda terbiasa dengan lingkungan di sekolah, Anda bisa mengajaknya melakukan aktivitas sederhana sendiri. Menanyai anak Anda apa yang ingin dia makan di restoran bisa membuatnya kewalahan karena menu restorannya cukup banyak. Sebagai gantinya, pilih banyak opsi dari menu dan minta dia untuk memilih dari opsi yang dipilih.

Namun siswa/peserta didik tidak mempunyai kemandirian dalam menetukan tujuan pembelajarannya (T-M-M). Di negara yang telah maju banyak orang yang mengambil kursus tertentu hanya karena ingin menambah pengetahuan, untuk menyalurkan interest, untuk pengisi waktu luang, dan sebagainya. Tujuan pembelajaran untuk masing-masing kursus telah dirumuskan secara jelas oleh penyelenggara kursus.

Pada awalnya mungkin sulit, dan anak akan terus memanggil nama orang tuanya di malam hari. Hal ini mungkin melelahkan juga untuk orang tua namun perlu tetap dilakukan. Ajarkan anak untuk tidur terpisah dengan orang tua, dan memiliki kamar sendiri. Jika annak berteriak memanggil di malam hari, datanglah menengoknya dan temani sampai anak tertidur kembali. Seiring berjalannya waktu, ketika anak terbangun dari tidur dan tidak menemukan siapapun di sampingnya akan menjadi hal yang biasa dan anak mampu tidur sendiri. Ajarkan anak untuk memakai bajunya sendiri untuk melatih kemandirian.

Comments are closed.