7 Manfaat Berjemur Bagi Kesehatan Tubuh, Tingkatkan Kinerja Otak

Written by Tono on April 14, 2020 in Kesehatan Tubuh with no comments.

Kandungan vitamin D yang terkandung dalam sinar matahari dapat membantu kalsium mudah terserap dalam darah. Sehingga vitamin akan menyatu dengan tulang dan gigi, dan membuat bagian tubuh tersebut lebih kuat. Tak hanya itu saja, berjemur juga dapat mencegah gangguan pada tulang seperti rakhitis, yang merupakan gangguan di mana tulang tidak dapat menopang berat tubuh yang berbahaya di masa depan. Kandungan tersebut merupakan vitamin D yang sangat dibutuhkan untuk menjalankan fungsi metabolisme, kalsium, imunitas tubuh, serta mentransmisi kerja otot dengan saraf. Sehingga tidak heran bila manfaat matahari pagi ini sangat banyak untuk kesehatan tubuh.

Dengan berjemur, sel darah putih mengalami peningkatan, sehingga dengan sendirinya mampu mengatasi penyakit dan mencegah infeksi. Sementara bagi yang sudah terinfeksi COVID-19, dengan hadirnya Vitamin D dalam tubuh akan meningkatkan fungsi pertahanan tubuh. Sel-sel kekebalan tubuh akan lebih aktif dalam memerangi benda asing yang masuk ke dalam tubuh, termasuk virus korona sehingga akan membatu mempercepat proses pemulihan tubuh dari infeksi COVID-19.

Selain itu, dr. Caessar juga memberikan tips berjemur matahari pagi untuk anak agar dilakukan selama 5-15 menit secara bertahap. Manfaat matahari bagi alam juga banyak, Judi Online manfaat energi matahari tidak hanya untuk manusia, hewan, dan tumbuhan. Sejumlah binatang memanfaatkan panas sinar matahari untuk membantu memperlancar proses pencernaan makanan.

Inilah mengapa paparan sinar matahari sangat penting untuk kesehatan tulang pada orang dewasa yang lebih tua. Misalnya, orang dengan kulit pucat yang mudah terbakar di bawah sinar matahari cenderung terkena kanker kulit jika terlalu banyak terkena sinar matahari. Jika pikiran dan psychological Anda mengalami stress maka sangat mungkin bagi Anda untuk terserang depresi. Turunkan tingkat stress Anda dengan berjemur ataupun melakukan olahraga fisik di bawah terpaan sinar matahari pagi. Dengan secara rutin untuk berjemur di bawah matahari pagi, sistem imun dari tubuh Anda akan menjadi lebih meningkat.

Hipokampus yang sehat akan menjadikan kemampuan otak Anda menjadi lebih meningkat dan memberikan kemampuan untuk mengingat yang lebih baik lagi. Kendati sinar matahari mengandung vitamin D yang punya segudang manfaat, namun paparan berlebihan tanpa pengaman dapat menyebabkan kulit terbakar sampai meningkatkan risiko kanker kulit. Itulah penjelasan pakar mengenai jam yang baik atau waktu paling tepat untuk berjemur di pagi hari.

Tidak hanya itu, kalsium berperan dalam menciptakan trombosit sehingga bisa mencegah pendarahan pada tubuh. Kesehatan jantung pun menjadi lebih terjaga dengan mineral ini sebab kalsium dapat megontrol kontraksi jantung. Tanpa paparan sinar matahari yang cukup, kadar serotonin dalam tubuh bisa menurun. Melansir laman Healthline, sinar matahari bisa meningkatkan kadar serotonin yang mendungkung peningkatan suasana hati kita. Sinar matahari adalah salah satu faktor yang memicu produksi hormon di otak, yaitu serotonin. Saat ada cukup banyak jumlah hormon serotonin dalam tubuh, mood atau perasaan Anda menjadi lebih baik.

Ketika kamar rumah sakit tidak mendapatkan sinar matahari pagi, lama rawat inap pasien jadi meningkat, daripada kamar yang mendapatkan sinar matahari pagi. Selain meningkatkan kesehatan tulang dan mengatur kadar kalsium important, para ilmuwan kini telah mengaitkan vitamin D dengan sejumlah fungsi di seluruh tubuh, termasuk fungsi otak. Gerak By Rexona tidak hanya berfungsi membantu penyandang disabilitas tetapi juga membantumu meningkatkan intensitas aktivitas fisik sembari melakukan donasi. Awali harimu dengan melakukan aktivitas jalan kaki untuk mendapatkan manfaat sinar matahari pagi secara maksimal. Jangan lupa mengaktifkan aplikasi Gerak By Rexona saat beraktivitas di pagi hari, ya. Studi dari Georgetown University Medical Center menunjukkan, paparan ultraviolet dari sinar matahari dapat meningkatkan aktivitas sel darah putih yang membantu tubuh melawan infeksi .

Artinya, minum susu secara teratur—terutama yang sudah difortifikasi—membantu memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis. Paparan sinar matahari yang mengenai kulit akan memicu sintesis vitamin D. Menurut beberapa ahli, vitamin D di duga dapat menurunkan risiko seseorang terkena diabetes tipe 1 dan tipe 2. Tapi, perlu diingat untuk rutin memakai tabir surya demi melindungi lapisan kulit dari potensi melanoma ya, Trubus Mania. Selain itu, sinar matahari juga membantu pertumbuhan bunga dan daun sehingga tanaman cepat berbunga dan tumbuh tinggi.

Pentingnya matahari untuk kesehatan tubuh

Manfaat matahari untuk alam lainnya adalah sebagai sumber energi tidak terbatas bagi alam, berupa sinar. Kulit memiliki sejenis senyawa yang berfungsi sebagai pembangun vitamin D. Senyawa ini akan berubah menjadi vitamin D saat terpapar radiasi UV-B dari matahari. Sertifikasi kompetensi ini diharapkan bisa semakin meningkatkan kualitas pelayanan perusahaan.

Pada saat sinar matahari terkena mata Anda maka pesan dikirim ke kelenjar pineal yang terdapat di otak dan produksi melatonin. Hormon ini akan meningkatkan rasa kantuk dan membantu Anda untuk tidur dengan nyenyak dan nyaman. Sinar matahari tersebut juga akan memberi gambaran yang jelas bahwa saat itu bukan malam hari. Maka dengan otomatis tubuh pun akan mempertahankan ritme sirkadian dengan cara yang regular. Waktu yang baik untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi yaitu antara jam 8 hingga 10 pagi. Apabila Anda melakukan kegiatan berjemur melewati jam 10 pagi maka sinar matahari yang masuk dalam tubuh justru bisa meningkatkan risiko terkena kanker kulit.

Comments are closed.