Kenapa Transisi Bisnis Keluarga Ke Generasi Penerus Gagal?

Written by Tono on June 1, 2020 in Uncategorized with no comments.

Ya, kamu yang tadinya ingin menunjukkan kemandirian dengan bekerja di perusahaan impian atau merinstis usaha sendiri, kini harus menghapus rencana itu dari kepalamu. Dari sana, Anda bisa menginspirasi orang lain dengan nilai-nilai positif, seperti kerja keras, kekeluargaan, sikap menghargai orang lain, dan seterusnya. Lakukan pekerjaan Anda dengan baik dan kembangkanlah bisnis tersebut tanpa beban, sehingga tidak justru membuat terasa berat dan melelahkan.

Berhasil tidaknya usaha salah satunya tergantung dari produk yang dijual. Pengalaman orang sukses ini menjadi reminder yang kuat, menjadi pemompa semangat, ketika sedang lelah atau gundah. Kalau para pebisnis sukses saja butuh waktu dan bahkan butuh pengorbanan untuk bisa berhasil, wajar saja kita yang baru memulai usaha menghadapi masalah. Sebaliknya, jika bisnis dilakukan karena harapan akan kekayaan semata, ketika muncul tantangan atau kesulitan, yang niscaya pasti ada dalam usaha, semangat pantang menyerah mudah luntur.

Sejak saat itu dia banyak melakukan kunjungan ke sentra industri di berbagai daerah. Kunjungan tersebut dilakukan untuk mencari permasalahan yang terjadi dan berusaha mencari solusi. Berkat kepeduliannya ini, Rahmat memiliki observe report apik di bidangnya. Meskipun dari aktivitas bisnis melalui brand yang ia kembangkan sudah berhasil mendapatkan pemasukan yang besar, namun Nicho tidak ingin berhenti sampai di situ saja. Bersama dengan teman kampusnya, ia ingin menularkan virus kesuksesan dalam berbisnis pada adik-adik SMA nya melalui Synergy Entrepreneur Academy.

“Padahal, banyak pihak yang menawarkan kerja sama ini-itu,” kata Ihin yang mengaku mewarisi karakter ibunya yang kalem dan penyayang. Sebelum menduduki jabatan direksi, rata-rata kelima anak JK harus magang dulu untuk belajar seluk-beluk bisnis lebih mendalam. Bahkan, saat ini posisi CEO induk perusahaan pun masih dipegang Fatimah Kalla, adik bungsu JK. Betul, sejak menjadi pejabat tinggi negara, mula-mula Menperindag, JK telah komit untuk melepaskan semua atribut sebagai pemilik dan penguasa GHK.

Melanjutkan usaha keluarga

Mulai dari menimbang paku, menyusun kayu, menjadi kuli angkut hingga menjadi tukang tagih. Ditambah lagi mereka sudah dibekali ilmu Manajemen Pemasaran yang diperoleh dari studi di Universitas Pelita Harapan. Namun tampaknya, pengalaman dan teori yang diperoleh selama pendidikan universitas tidak cukup bagi mereka. Kami harap rekan-rekan Career Advice semakin bersemangat dan handal dalam mengarahkan bisnis keluarga Anda menuju kesuksesan. “Saya ini generasi ketiga. Adapun bisnis songkok ini dirintis kakek sejak 20 tahun lalu. Tentu saya banyak belajar dari pendahulu,” pungkasnya. Salam merupakan generasi ketiga dari bisnis songkok keluarganya.

Meski demikian, tidaklah mudah untuk bisa mewawancarai Solihin. Pria kelahiran Makassar, 27 Juni 1976, ini dikenal pendiam dan low profile. Apalagi, penggemar olah raga air ini sangat sibuk, bolak-balik Jakarta-Makassar untuk mengontrol sejumlah perusahaan di bawah holding Grup Hadji Kalla .

Jadi, kita perlu membedakan antara urusan keluarga dan urusan bisnis. Tantangan menjadi generasi penerus jauh lebih sulit dibandingkan sang perintis usaha. Karena itu, sang penerus dituntut untuk jeli melihat setiap peluang untuk mengembangkan usaha.

Akan tetapi, Anda harus bekerja keras untuk membesarkan model Anda sendiri. Belum dikenal luas oleh masyarakat, pastinya tidak banyak orang yang tidak mau mengunjungi usaha Anda. Di titik ini, Anda akan diuji sebagai seorang pengusaha mandiri. Selain itu, franchise tidak membuat Anda menjadi seorang pengusaha yang kreatif. Di satu sisi, Anda memang dimudahkan dengan manajemen dagang yang teratur.

Dengan memulai bisnis Anda segera, Anda akan semakin mengenal potensi pasar. Selanjutnya, Anda akan berkenalan dengan orang- orang yang terkait dengan mannequin bisnis Anda. Ada yang mencicipi bisnis kuliner, ada yang berbisnis ritel, dan ada juga yang trend. Cara termudah untuk memulai adalah yang paling sesuai dengan passion kita.

Dikutip dari Wikipedia, Adelin Lis lahir di Medan, 15 Agustus 1967. Pria fifty three tahun ini merupakan putra dari Acak Lis, pemilik PT Mujur Timber, perusahaan pengolah kayu gelondongan menjadi tripleks serta kayu lapis di Sibolga. Sepeninggal Acak Lis, perusahaan diwariskan ke empat putranya, termasuk Adelin Lis. Jaksa Agung Burhanuddin mengatakan pemulangan Adelin merupakan wujud kerja sama antara pemerintah Indonesia dan Singapura. “Terlaksananya pemulangan terpidana ini berkat dukungan dari otoritas pemerintah Singapura dan bekerja sama dengan Kedutaan Besar Indonesia di Singapura,” kata Jaksa Agung ST Burhanuddin, saat konferensi pers. Pada 14 Juni 2021, Kejaksaan Agung berupaya memulangkan Adelin ke Jakarta untuk melanjutkan hukuman.

Comments are closed.